Kamis, 24 Februari 2011

Batuk pada Anak

SI KECIL BATUK? PERHATIKAN PENGATURAN MAKANANNYA!!

Seusai Lebaran, sudah merupakan hal yang tidak aneh lagi bila si kecil tiba-tiba menjadi batuk. Banyaknya konsumsi makanan yang manis-manis ataupun kurangnya istirahat karena lelah di perjalanan mudik, memang bisa membuat pertahanan tubuh buah hati Anda melemah dan terserang penyakit. Salah satunya yang lazim adalah batuk.

Walaupun tampak sepele dan seperti penyakit ringan yang biasa diderita pada iklim seperti sekarang ini, gejala batuk juga bisa bercampur dengan gejala lain, misalnya pada penyakit bronchitis yang disertai panas, demikian juga penyakit lain seperti flu dan sebagainya.
Kadang saat menderita batuk, si kecil juga kehilangan nafsu makan atau malahan sama sekali tidak doyan makan. Tentunya ini membuat Anda sebagai orang tua semakin kuatir akan kesehatannya. Pikiran Anda akan cemas, bagaimana bisa cepat sembuh dari batuknya bila makan saja tidak doyan? Untuk itu sebaiknya Anda pintar-pintar menyiasati pengaturan makan si kecil.
Perhatikan beberapa kunci sederhana pengaturan makanan di bawah ini agar kondisi tubuhnya bisa cepat membaik..
1. Kalau ada gejala panas, beri makanan lunak. Jangan lupakan untuk memberi banyak cairan atau minum air putih.
2. Nafsu makan yang menurun akibat batuk terus-menerus harus diimbangi makan yang cukup supaya kondisi tubuh membaik.
3. Untuk memudahkan pengaturan makannya, berikan saja makanan dalam porsi kecil tetapi sering dengan cara bertahap supaya kebutuhan gizinya terpenuhi.
4. Usahakan suplai dengan cukup protein karena penyakit dengan gejala batuk membutuhkan protein lebih tinggi dari biasanya.
5. Jangan berikan ia makanan gorengan atau bumbu yang merangsang agar tidak menimbulkan batuk. Kurangi juga konsumsi makanan yang terlalu manis dan bisa menimbulkan batuk seperti coklat, permen, manisan dan minuman manis.
6. Setelah anak sembuh, kalau berat badannya turun perlu ditingkatkan konsumsi makanannya. Mulailah dengan makanan favoritnya.
Untuk mendukung pengaturan makanan tersebut, jangan lupa tentunya konsumsi obat batuk anak-anak yang cocok untuk si kecil..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar